07 Dec 22 16:01 PM

IKB Bumi Basway Di kukuhkan

LAMBAR- Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari menghadiri acara Halal Bi Halal Dengan Ikatan Keluarga Besar Bumi Basway Sekaligus Pengukuhan Kepengurusan IKB Bumi Basway Lampung Barat Tahun 2016 yang di kukuhkan oleh Sekretaris Daerah Nirlan SH dan di Hadiri oleh Asisten Bupati Dan Kepala SKPD Kabupaten Lambar di Sekretariat IKB Bumi BASWAY, Senin, (25/07).

 

Selanjutnya Pengukuhan tersebut meliputi Sebagai Ketua IKB yaitu Lukmansyah SE, Sekretaris Iwan Rismatika SH, Bendarhara Pawit, Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan pemberian nomor rumah warga sedang dalam 97 rumah, santunan anak yatim piatu Pondok Pesantren Darul Tholib sedang dalam,yang diberikan oleh Sekdakab Lambar Nirlan SH dan H.Parosil Mabsus.

 

Ketua IKB bumi Basway Lukmansyah SE menyampaikan terima kasih sebanyak –banyaknya serta penghargaan yang luar biasa kepada keluarga Bumi Basway yang merasa perwakilan dari penjuru Kabupaten Lambar. “ Saya rasa bapak-ibu yang hadir saat ini hanya sebagian kecil karena banyak yang mengetahui keberadaan IKB Bumi Basway ini”, Jelasnya.

 

Oleh sebab itu pihaknya berpesan kepada seluruh keluarga IKB bumi Basway yang berasal dari penjuru lambar agar bisa memberi tahu keluaraga sahabat dan handai tolan tentang keberadaan IKB Bumi Basway ini. “Tentunya keberdaan bumi bawsay ini murni untuk mengajak kita bersilaturahmi satu dengan  yang lain saling memberi nasehat, karena sesuai dengan judul IKB ini adalah besar yang ada di Kabupaten Lambar ini tentunya dengan komitmen Dimana Bumi di Pijak Disana Langit Di junjung”, Ungkapnya.

 

Selanjutnya dalam sambutanya  Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari.,  menyampaikan halal bi halal  dengan Keluarga Besar Kota Bumi, Tulang Bawang, Tuba Barat, Sungkai, Way Kanan Di Kabupaten Lampung Barat. Halal bi halal merupakan tradisi positip khas masyarakat indonesia dalam melengkapi rangkaian ibadah pada hari raya idul fitri.  halal bi halal ini sesungguhnya merupakan salah satu bentuk silaturrahmi yang di dalamnya berisikan saling memafkan antara sesama anggota keluarga, kerabat, handai tolan, tetanga, teman sejawat dalam lingkungan pekerjaan dan sesama kaum muslimin.  demikian juga antara pemerintah kabupaten dengan warga masyarakatnya termasuk dengan keluarga besar bumi basway, seperti yang kita laksanakan sekarang ini.

 

“Tradisi positif ini perlu dilestarikan karena bila dalam membina hubungan vertikal dengan allah yakni hablum minnallah kita dapat berdialog melalui sholat dan doa untuk mengajukan ampunan, pinta dan harap.akan tetapi dalam membina hubungan horizontal dengan sesama manusia yakni hablum minan nass, tiada jalan lain untuk meng-klarifikasi dan menghapus berbagai kesalahan yang terjadi dalam hubungan sosial itu, kecuali dengan menjaga silaturahmi dan saling memaafkan atas segala salah, alpa dan khilaf”, Jelasnya

 

Selanjutnya dalam kaitan itulah, melalui kesempatan halal bi halal ini, secara tulus, saya, baik atas nama pemerintah kabupaten lampung barat, pribadi maupun keluarga mengucapkan : minal ‘aidzin wal fa idzin  --- mohon maaf lahir dan bathin. saya sangat menyambut baik dengan pengukuhan kepengurusan ikatan keluarga besar “bumi basway” lampung barat ini. karena dalam pandangan saya, ikatan keluarga besar “bumi basway” lampung barat mempunyai misi yang sangat mulia serta merupakan salah satu mitra pemerintah untuk mewujudkan berbagai pembangunan di kabupaten lampung barat.”, Ungkapnya.

 

saya menyadari bahwa kerja keras yang coba dilakukan Pemkab Lampung Barat bersama segenap pelaku pembangunan, masih harus terus ditingkatkan.  adapun berbagai program dan kegiatan pembangunan yang telah sedang dan akan kita laksanakan selalu kita dedikasikan untuk meletakkan kerangka kemajuan bagi daerah dan kita berharap kerangka kemajuan itu akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Organisasi kemasyarakatan seperti IKB “bumi basway”, sesungguhnya mempunyai nilai yang sangat strategis dalam pembangunan.  maka sudah sewajarnya bila pemerintah terus membangun komunikasi dan sinergi untuk memperoleh formula penyelenggaraan pemerintahan yang makin inovatif, jitu, efektif dan efisien dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat. (y)